PetrologiSedimentologi

Batuan Sedimen yang Merekam Transgresi dan Regresi Laut

Naik turun muka air laut di masa lampau dapat diamati melalui pola material sedimen yang diendapkan

Keberadaan samudera atau lautan memainkan peran penting dalam dinamika geologi, baik dalam membentuk muka bumi maupun susunan batuan sedimen pada daerah tertentu. Salah satu fenomena yang mempengaruhi dinamika tersebut adalah peristiwa transgresi dan regresi laut. Kedua kejadian alam ini terkadang disalahpahami sebagai kejadian pasang-surut air laut seperti yang dapat diamati sehari-hari. Pasang-surut muka air laut pada umumnya dipengaruhi oleh gravitasi bulan dan terjadi dalam waktu singkat, serta memiliki periode tertentu yang dapat diprediksi. Sebaliknya, transgresi dan regresi dipicu oleh aktivitas tektonik maupun kejadian klimatologis dalam cakupan wilayah luas dalam jangka waktu bertahun-tahun, sehingga dianggap tidak mudah untuk diperkirakan secara pasti.

Proses pengendapan sedimen di lingkungan laut dangkal dan pesisir dikontrol oleh energi yang terbentuk pada titik di atas daerah paparan benua. Energi yang berada pada lingkungan ini amat dipengaruhi oleh tingkat kedalaman air laut. Sehingga, setiap perubahan yang terjadi pada ketinggian muka air akan diikuti pula dengan perubahan kedalaman air pada titik di atas paparan benua. Selanjutnya, proses simultan ini membentuk energi baru dengan tingkatan tertentu, baik semakin kuat energinya ataupun semakin lemah. Kondisi ini pada umumnya mendorong terjadinya sortasi ukuran material sedimen yang dapat terendapkan atau sebaliknya. Alhasil, sedimen yang terendapkan akan membentuk suatu fasies yang berbeda dengan pola strata sebelumnya.

Transgresi laut adalah suatu fenomena geologi yang terjadi selama muka air laut meningkat secara relatif terhadap ketinggian muka daratan. Fenomena ini diikuti dengan perubahan garis pantai yang bergerak menuju permukaan tanah yang lebih tinggi dan menciptakan banjir.  Transgresi dapat disebabkan baik oleh penurunan permukaan tanah atau volume air laut pada cekungan samudra meningkat (kapasitas atau volume cekungan samudera berkurang). Fenomena transgresi dan regresi dapat dipicu oleh aktivitas tektonik, seperti orogenesis, perubahan iklim yang ekstrim: zaman es atau perubahan isostatic yang lalu diikuti dengan terjadinya berkurangnya lapisan es ataupun material sedimen. Kedua pemicu tersebut akan menyebabkan air laut meningkat jauh naik ke permukaan daratan dibanding sebelumnya.

Pada kejadian ini akan dijumpai sedimen laut (lempung dan batugamping) yang diendapkan di atas sedimen lingkungan pantai asal darat (pasir). Kejadian ini membentuk suatu sekuen yang terdiri dari (dari bawah ke atas): pasir – lempung – batugamping. Fenomena transgresi secara maksimum terjadi ketika sedimen yang paling halus (lempung) mencapai titik terjauh ke arah darat.

Regresi laut adalah suatu proses geologi yang terjadi ketika wilayah dasar laut yang terbenam terekspos ke permukaan air laut. Pola ini berbanding terbalik dengan peristiwa transgresi laut yang terjadi ketika luapan air dari lautan menutupi daerah yang sebelumnya merupakan wilayah daratan.

Pada kasus ini, material sedimen asal darat akan diendapkan di dasar samudra yang berada jauh dari posisi asalnya. Dengan demikian, akan terbentuk suatu sekuen yang terdiri dari: batugamping – lempung – batupasir. Regresi maksimum terjadi ketika sedimen berukuran kasar (pasir atau gravel) mencapai jarak terjauh ke arah laut.

Perlu diingat bahwa proses yang dijelaskan ini merupakan suatu framework yang ideal. Proses di atas dapat terjadi tanpa memperhitungkan faktor-faktor lain seperti keberagaman litologi yang terdapat pada lingkungan sekitar, struktur geologi, sedimentologi, klimatologi, dsb. Dengan kata lain, anda tidak akan selalu menjumpai batugamping pada daerah yang dahulu diduga merupakan bagian dari wilayah laut, malah sebaliknya, anda dapat menemukan konglomerat dan breksi asal darat di daerah tsb.

 

Diterjemahkan dan disadur dari artikel berjudul How to Identify Transgression and Regression in a Sedimentary Outcrop dalam www.geologyin.com

Related Articles

One Comment

  1. Many of your competitors are sitting at home and doing nothing.

    Its perfect time to plan your marketing strategy. You have created good website but your site is not currently ranking in Google mainly because content and images are not optimized correctly. We need to optimize your website for search engines and make it search engine friendly.

    I have analyzed your site in-depth and you can view your website audit report at

    https://businesspromoted.websiteauditserver.com/geologytime.com

    With in-depth keyword research and on-page optimization we can rank your website for many keywords. We will reverse engineer competitor’s link building strategies and get the links from similar sources.

    If you like my proposal then please let me know a good time and phone number to reach out to you and we will present detailed SEO plan of action. I will also include free social media marketing along with search engine marketing.

    Looking forward to working with you.

    Adam Prakash
    Business Development Manager
    Business Promoted

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close