Bencana Geologi

Mitigasi Bencana Geologi untuk Erupsi Gunungapi

Pada semester enam dahulu dalam matakuliah Geologi Lingkungan kami diminta untuk membuat suatu presentasi dalam bentuk power point yang akan menampilkan tentang beberapa tema tentang geologi. Kebetulan kelompok kami mendapat tema tentang Mitigasi Bencana Geologi untuk Erupsi Gunungapi.


hujan abu sebagai salah satu dampak
yang diakibatkan eruspi gunungapi
jenis-jenis mitigasi terhadap bencana

Dalam presentasi ini kami mencoba untuk memaparkan seperti apa mitigasi yang tepat untuk suatu kejadian erupsi gunungapi. Tentu saja telah banyak konsep mitigasi yang umum dikenal, namun hanya ada sedikit informasi tentang parameter yang dipertimbangkna untuk menciptakan konsep tersebut.

Berefleksi dari karakter gunungapi kami memperoleh beberapa parameter dasar yang digunakan untuk mendesain suatu manajemen mitigasi bencana erupsi, yakni: Tipe gunung api, eruspi serta jenis magma/lavanya, sejarah eruspi, geomorfologi, tingkat kepadatan penduduk, dan local wisdom dalam masyarakat.

penjelasan mengenai mitigasi bencana yang berbalut budaya


Sayangnya parameter dasar tersebut tidak kami jabarkan panjang lebar dalam slide mengingat sebagian darinya telah dikenal secara umum oleh geologist maupun karena alasan teknis, yakni telah dijelaskan secara verbal saat presentasi terutama untuk bagian local wisdom. 
Materi presentasi dapat didownload pada link berikut: Mitigasi Bencana Geologi untuk Erupsi Gunungapi. Semoga materi pada presentasi ini dapat membantu pembaca untuk mengenal dan menggali lebih dalam lagi tentang managemen mitigasi berdasarkan aspek geologi dan materi dapat digunakan sebagaimana mestinya.

harmony alongside volcanoes


Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close