PetrologiTektonika

Ternyata Inilah Gunung Tertinggi di Dunia! Lalu Bagaimana dengan Gunung Everest?

Gunung Everest secara teknis bukanlah gunung tertinggi di dunia

Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia di atas permukaan laut, namun bila nilai ketinggian yang betul-betul dipertimbangkan, dari dasar gunung hingga ke puncak, maka gunung tertinggi di dunia yang sesungguhnya adalah Mauna Kea di kepulauan Hawai

Diterjemahkan dari geologyin.com (03/07/17), rahasia dari ketinggian Everest tidak didasarkan pada puncaknya yang menjulang ke angkasa, melainkan jauh di bawah tanah: mengenai bagaimana Everest terbentuk sehingga ia dapat berada di dataran tinggi.

50 juta tahun yang lalu, lempeng benua India menabrak lempeng benua Asia, suatu tubrukan (kolisi) antar lempeng terbesar di dunia dalam kurun 400 juta tahun terakhir. Kolisi ini berlangsung dengan dahsyat sehingga lempeng India tidak hanya remuk, tapi juga terangkat ke atas lempeng Asia. Lempeng India lalu perlahan membumbung naik ke angkasa.

Ilustrasi mengenai kondisi geologi pegunungan himalaya, terlihat jenis batuan dan struktur kompleks yang menyusunnya (www.raon.ch)

Everest menjulang setinggi 8.850 m di atas permukaan laut, bandingkan dengan Mauna Kea yang hanya memiliki ketinggian 4.205 m bila dihitung dari atas permukaan laut. Namun hal yang tidak umum diketahui, gunung ini ternyata memanjang sejauh 6.005 m di bawah Samudera Pasifik: lebih dari setengah tubuhnya berada di kedalaman Samudera.

Perbandingan ketinggian antara tiga gunung tertinggi di dunia yang diukur mulai dari kaki hingga ke puncak (id.pinterest.com)

Bila tubuh Mauna Kea dihitung secara keseluruhan, maka total ketinggiannya menjadi sekitar 10.210m, hampir 1.609m lebih tinggi dari Everest.

Pemandangan dan lanskap gunung Mauna Kea yang berada di kepulauan Hawai. Masyarakat lokal menganggap Mauna Kea sebagai gunung yang sakral (earthtripper,com)

Mauna Kea adalah sebuah gunung api yang tertidur di pulau besar Hawai. Berdasarkan para ahli, gunung ini berumur sekitar satu juta tahun, terbentuk ketika lempeng tektonik Pasifik bergerak di atas hotspot Hawai (suatu kantung magma cair yang berasal jauh dari dalam perut Bumi). Mauna Kea diketahui erupsi terakhir kali sekitar 4.600 tahun yang lalu.

Diterjemahkan dan disadur dari artikel berjudul Mount Everest is not The Tallest Mountain in The World dalam http://www.geologyin.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close